Jenis - Jenis Antarmuka Aplikasi

Aplikasi adalah sebuah alat perangkat lunak yang digunakan untuk memanfaatkan kemampuan komputer dalam mengerjakan suatu tugas yang diinginkan penggunanya. Pada dasarnya tujuan aplikasi yaitu untuk memudahkan suatu pekerjaan atau tugas tertentu. Misalnya dalam menulis sebuah dokumen bisa dilakukan dengan aplikasi komputer pengolah kata tanpa harus menulisnya di kertas secara langsung, manajemen berkas secara digital sehingga tidak tercecer/berantakan yang membuat berkas-berkas menjadi hilang/rusak, dan lain-lain.

Aplikasi dibagi menjadi empat jenis sesuai dengan cara penyajiannya, aplikasi - aplikasi tersebut yaitu :

  1. Command line interface (CLI)
  2. Desktop interface (GUI)
  3. Mobile interface (GUI)
  4. Web interface (GUI)

Command Line Interface

command line interface
Aplikasi berbasis command line interface

Aplikasi command line interface (CLI) merupakan jenis aplikasi yang paling mendasar dalam sistem komputer. Tampilan pada aplikasi ini hanya berupa teks dan simbol saja tidak ada visual seperti gambar, tombol maupun suara. Aplikasi CLI pada Windows yaitu DOS atau CMD, sedangkan untuk Linux dan Mac yaitu terminal/shell.

Contoh perintah dasar pada program CLI :

  1. cd. Change Document, berpindah/mengganti dokumen
  2. mkdir. MaKe DIRectory, membuat direktori baru
  3. date. Untuk menampilkan tanggal hari ini
  4. echo. Menampilkan pesan pada layar CLI

Pada sistem operasi Linux dan Mac penggunaan CLI akan lebih sering digunakan. Karena, aplikasi bisa dijalankan tanpa di proteksi menggunakan CLI sehingga memudahkan dalam melakukan konfigurasi atau membuat aplikasi saling berinteraksi.

Desktop Interface

dekstop interface
Aplikasi berbasis desktop interface

Aplikasi desktop interface merupakan jenis aplikasi yang hanya bisa dijalankan pada perangkat desktop atau komputer. Pada desktop interface sudah menggunakan tampilan graphical user interface (GUI). GUI adalah antarmuka sebuah aplikasi yang dapat diinteraksi oleh pengguna secara grafis.

Mobile Interface

mobile interface
Aplikasi berbasis mobile interface

Aplikasi mobile interface merupakan aplikasi yang dijalankan pada perangkat mobile (handphone atau smartphone). Dalam pendistribusian aplikasi mobile terdapat dua kompetitor market place atau basis sistem operasinya yaitu Android dan iOS. Aplikasi Android tidak dapat dijalankan pada sistem operasi iOS begitu pula sebaliknya, karena pada proses pembuatannya juga berbeda. Dalam penamaan ekstensi aplikasi Android menggunakan APK, sedangkan untuk iOS yaitu IPA.

Web Interface


web interface
Aplikasi berbasis web interface

Website merupakan aplikasi pada basis web interface. Aplikasi berbasis web dapat dijalankan baik di perangkat desktop maupun mobile karena untuk dapat menjalankannya hanya diperlukan sebuah aplikasi browser dan perangkat yang terhubung dengan internet. Oleh karena itu, aplikasi berbasis web dapat diakses dimana saja dan siapa saja tanpa harus memasang aplikasinya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama